Tips Cepat Memilih Printer untuk Mahasiswa

Mahasiswa saat ini sangat berbeda dengan mahasiswa zaman dulu. Jika beberapa dekade yang lalu para mahasiswa cukup mendengarkan dosen menjelaskan materi perkuliahan saat di kelas, sekarang justru peran mahasiswa harus menjadi lebih aktif dan mandiri dalam pembelajaran. Salah satunya adalah ketika diminta untuk menggambarkan eksperimen yang telah dikerjakan atau menyusun makalah analisis suatu masalah.

Untuk menyelesaikan banyak tugas ini dengan mudah, alangkah baiknya jika kamu memiliki printer sendiri di rumah, yang tentunya siap digunakan kapan pun kamu membutuhkannya. Apalagi sekarang, harga printer sangat bervariasi sehingga bisa kamu sesuaikan dengan budget kamu. Untuk mendapatkan printer yang sesuai dengan kebutuhan kamu dengan harga yang pas di kantong dan biaya perawatan yang minim, simak dulu tips berikut ini. 

  1. Periksa harga di pasaran

 Tips paling pertama untuk mendapatkan printer yang sesuai dengan kebutuhan kamu adalah dengan mempertimbangkan harga. Tidak ada artinya mencari produk yang berkualitas tinggi dan canggih jika kamu tidak dapat membelinya saat kamu membutuhkannya. Jadi pastikan harga printer yang kamu pilih sesuai dengan kondisi dompet. 

Ingatlah bahwa harga yang kamu bayarkan untuk membawa pulang sebuah printer harus sudah termasuk dengan garansi resmi pabrikan. Sistem garansi ini seringkali menjadi permainan antara penjual, dengan printer bergaransi dan printer tanpa garansi dibandrol dengan harga yang berbeda. Untuk memastikan layanan purna jual yang sangat baik, pastikan harga yang diberikan adalah harga final setelah garansi. 

  1. Melihat Spesifikasi dan Fitur 

Spesifikasi dan fungsi yang bermacam-macam memang terdengar menarik. Tapi jangan biarkan semua manfaat ini sia-sia. Karena ternyata tidak semua spesifikasi diperlukan dalam penggunaan sehari-hari. Jadi sebelum kamu membeli, pastikan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu. Seperti yang kita ketahui, spesifikasi dan fitur berbanding lurus dengan harga. Semakin tinggi spesifikasi printer infus dan semakin canggih fungsinya, semakin tinggi harganya dibandingkan dengan printer inkjet. Jangan membayar mahal untuk fitur yang jarang atau tidak pernah digunakan. Tipe inkjet lebih cocok daripada printer ink tank yang all-in-one jika kamu sering menggunakannya hanya untuk mencetak dokumen. Membeli barang juga harus sesuai dengan kebutuhan, bukan? 

  1. Pertimbangkan Perawatan Jangka Panjang 

 Beberapa jenis printer lebih rumit perawatannya daripada yang lain. Misalnya, tinta perlu sering diganti atau tidak dibiarkan dalam waktu lama. Jika kamu tidak mengikuti petunjuk ini, bahkan jika kamu menggunakannya untuk waktu yang singkat, kemungkinan kegagalan mencetak dokumen saat memakai printer tidak dapat dihindari. Apabila kamu tidak memiliki garansi, kamu harus membayar lebih, yang justru akan menambah biaya kamu. Pertama, cari tahu perawatan seperti apa yang dibutuhkan printer yang kamu ingin beli, sehingga kamu tidak terkejut dengan biaya perbaikan dan perawatan di masa mendatang.

Pada akhirnya, harga printer yang bervariasi dapat memudahkan pilihanmu. Pastikan printer yang kamu beli sudah memiliki garansi resmi untuk menghindari biaya perbaikan jika terjadi kerusakan di masa depan. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.