Tips Berkendara untuk Pengendara Pemula Mobil Manual di Jalanan Macet

Sebagai seorang pengemudi, maka mereka harus selalu siap untuk berkendara di segala macam kondisi jalan. Dengan kondisi jalanan di Jakarta yang ramai dan padat, maka situasi macet kemungkinan bakal sering dihadapi para pengendara.

Bagi para pengemudi yang masih pemula, mungkin kondisi ini akan membuat mereka panik. Terlebih jika kendaraan yang digunakan bukan mobil matik, melainkan mobil manual. Seperti yang diketahui, pemula cenderung sulit menguasai kopling.

Dalam kesempatan ini, redaksi Tempo akan menjelaskan bagaimana tips berkendara aman saat mengendarai mobil manual di jalanan macet. Menurut laporan Auto2000, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pemula saat menghadapi situasi seperti ini.

Langkah pertama yang harus dilakukan setiap pemula adalah menjaga hrak aman dengan kendaraan di depan Anda. Hal ini sangat penting untuk meminimalisir adanya bentrokan kecil atau besar.

Kedua, pengendara juga diminta untuk tidak panik dalam kondisi apapun, termasuk jalanan macet. Pastikan juga bahwa Anda telah memindahkan gigi yang lebih rendah, untuk meminimalisir terjadinya mati mesin.

Pemula hanya perlu memainkan putaran mesin dengan kecepatan rendah. Maka dari itu, posisi di gigi 1 dan 2 lebih disarankan bagi para pengendara mobil manual yang berada di jalanan macet.

Apabila mesin sudah terlanjur mati, ingat kembali bahwa Anda tidak boleh panik. Pengendara pemula hanya perlu menyalakan lampu hazard agar kendaraan lain tahu bahwa mobil Anda sedang dalam masalah.

AUTO2000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.