Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Ingus Warna Hijau

Jika anak mengalami pilek & mengeluarkan ingus warna hijau, Anda mungkin mengira bahwa terdapat infeksi sinus. Lalu, kondisi apa yang terjadi sebenarnya jika terdapat ingus warna hijau? Mari kita simak penjelasan lengkapnya di sini!

Pengertian Ingus Warna Hijau

Ingus warna hijau kental merupakan tanda tubuh sedang berjuang dengan keras. Bahkan, bisa jadi ada banyak sel kekebalan terkuras & produk limbah dibuang. Sebagai orangtua, Anda tak perlu khawatir jika hal ini terjadi pada si keci. Tetapi, jikasetelah 12 hari belum juga sembuh, mungkin saja terjadi infeksi bakteri sehingga butuh antibiotik.

Apalagi kalau Anda atau anggota keluarga mengalami mual atau demam, Anda harus menemui dokter agar mendapat penanganan tepat.

Apa yang Menyebabkan Ingus Warna Hijau?

Penyebab ingus hijau adalah sel darah putih, sebagai cara tubuh melawan infeksi. Sel-sel tersebut melepaskan bahan kimia guna melawan infeksi sehingga menghasilkan lendir berwarna. Meski umumnya jernih, ingus bisa berwarna hijau tanpa ada kekhawatiran.

Pada dasarnya, lendir hidung tidak menandakan kondisi kesehatan secara spesifik. Bahkan, ingus berwarna cokelat pun bisa termasuk kondisi normal. Pasalnya, kondisi tersebut terjadi akibat udara kering & sejumlah darah yang mencampuri lendir. Namun, warna lendir kecokelatan dapat menunjukkan kemungkinan infeksi.

Kalau anak mengalami ingus warna hijau tua disertai bersin, batuk, dan demam, segera hubungi dokter agar segera diatasi secara tepat. Apalagi jika Anda atau si kecil menderita asma.

Gejala-gejala Ingus Warna Hijau

Beberapa gejala ingus warna hijau bisa menjadi tanda kondisi-kondisi berikut ini:

  • Flu Biasa

Bisa jadi, ingus hijau menandakan flu biasa. Setelah beberapa hari, biasanya flu akan mereda karena kekebalan tubuh berhasil melawan virus flu tersebut.

  • Sinusitis

Hal initerjadi karena lapisan saluran hidung & sinus terinfeksi virus sehingga menghasilkan lendir berlebih. Selain pilek berkepanjangan, gejala lain adalah nyeri dan demam.

  • Bronkitis Akut

Brokitis juga kerap dikaitkan dengan lendir hijau akibat virus. Biasanya, penderita mengalami batuk dan dahak berwarna putih.

Cara Mengobati Ingus Warna Hijau

Beberapa cara mengobati ingus berwarna hijau antara lain:

  • Perbanyak Minum Air Putih

Jika anak keluar ingus hijau, berikan ia air putih yang banyak agar lendir lebih encer dan mudah dihembuskan.

  • Gunakan Humidifier

Cara lain adalah dengan menggunakan humidifier atau pelembab udara guna menambah kelembaban udara yang dihirup.

  • Larutan Garam

Atau, Anda bisa menyemprotkan larutan garam pada saluran hidung sebanyak 2 atau 2x sehari sampai sembuh.

  • Gunakan Dekongestan

Jika ingus warna hijau membuat hidung mampet dan semakin parah, Anda bisa gunakan dekongestan sampai 3 hari. Salah satu dekongestan yang rekomended adalah Afrin. Anda juga bisa menggunakan bulb-srunge untuk anak kecil atau bayi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *