Lembaga Dana Pensiun Publik California Investor Utama Perusahaan BBM

Kebijakan sadar iklim di Negara Bagian California, AS, tidak cocok dengan pilihan investasi dana pensiun publik terbesarnya. Dari 14 lembaga dana pensiun teratas AS, dua di antaranya menjadi investor terbesar di perusahaan bahan bakar fosil atau BBM.

Menurut laporan kelompok lingkungan, keduanya adalah Sistem Pensiun Pegawai Negeri California (Calpers) dan Sistem Pensiun Guru Negara Bagian California (CalSTRS) yang masing-masing berinvestasi USD 27,1 miliar dan USD 15,7 miliar.

California adalah pemimpin dunia dalam mengurangi emisi karbon. Pemerintah negara bagian itu urutan kedua setelah Hawaii yang ingin menghasilkan 100 persen listrik bebas karbon pada 2045.

California juga berjanji menghentikan penjualan mobil baru bertenaga bensin pada pertengahan dekade berikutnya sekaligus mengoperasikan dua perdagangan karbon.

Temuan investasi dana pensiun di perusahaan BBM tersebut hasil analisis Stand.earth dan Climate Safe Pensions Network yang diterbitkan pada Rabu pekan lalu.

Gabungan investasi kedua lembaga pensiun itu setara dengan sekitar setengah aset seluruh perusahaan BBM.

Calpers menempati urutan pertama dalam kepemilikan BBM dengan proporsi 6,9 persen dari total aset yang dikelola perusahaan bahan bakar fosil.

“Meskipun retorika mereka sangat aktif dalam masalah iklim, buktinya ada dalam portofolio investasi mereka, dan seperti apa bentuknya,” kata Direktur Keuangan Iklim Stand.earth Richard Brooks di Autoblog yang dikutip hari ini, Senin, 13 Desember 2021.

Calpers menyatakan investasi di perusahaan BBM justru salah satu cara mendukung transisi ke emisi nol. Lembaga pensiun ini anggota dan pendiri Climate Action 100+, organisasi yang menekan penghasil emisi gas rumah kaca di dunia.

“Kami telah melihat hasil yang kuat untuk mentransisikan utilitas terbesar AS seperti Duke, AES dan PPL dari batu bara dan ke energi terbarukan dalam jangka panjang,” ujar Direktur Pelaksana Investasi Calpers Anne Simpson.

Adapun lembaga dana pansiun CalSTRS menyatakan akan terus menggunakan pengaruhnya terhadap pembuat kebijakan dan perusahaan, termasuk industri BBM, untuk membantu memastikan dunia yang adil, makmur, dan rendah karbon untuk generasi mendatang.

JOBPIE | AUTOBLOG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.